Wednesday 27 May 2015

Nabi Muhammad SAW



Nabi Muhammad SAW adalah putra dari Abdullah dan cucu dari Abdul Mutthalib (lahir di mekah tanggal 20 April 570-Meninggal di Madinah, 8 Juni 632) adalah seorang Nabi dan Rosul Allah bagi umat muslim. salah satu tokoh paling besar didunia yang membawa pengaruh besar di peradapan dunia terkushusnya Islam. dalam pandangan non muslim Nabi Muhammad SAW dianggap sebagai pendiri Islam namun kenyataanya tidak menurut Muslim beliau sama-sama menegakan ajaran tauhid untuk mengesakan Allah sebagaimana yang di bawa nabi dan rasul sebelumnya sejak dari Nabi Nuh As.

Kehidupan Nabi Muhammad SAW di masa kanak-kanak tidak lah mudah beliau ditinggal Ayahnya kala Nabi Muhammad SAW dikandungan kira-kira ±7 bulan, tidak sampai disitu kesedihan Nabi Muhammad SAW ditinggal ibunda tercinta pada saat beliau berusia 6 tahun. selanjutnya Sejak itulah kehidupan Nabi Muhammad SAW di bawah asuhan saudara-saudaranya, yaitu Abdul Muthalib dan Abu Thalib, beliau adalah kakek dan pamannya. Abdul Muthalib adalah pemuka Quraisy yang sangat disegani. Dalam pengasuhannya Nabi Muhammad SAW mendapatkan kasih sayang secara cukup karena kakeknya sangat memperhatikan dan menyayanginya. Namun situasi semacam ini tidak berjalan lama, karena dua tahun kemudian Abdul Muthalib meninggal dunia pada usia 82 tahun. Sepeninggal Abdul Muthalib, Nabi Muhammad diasuh pamannya yang bernama Abu Thalib, waktu itu Nabi Muhammad SAW berusia 8 tahun.

Beranjak dewasa Nabi Muhammad SAW bekerja sebagai pedagang. beliau terkadang mengasingkan diri di Gua hira karna mendengarkan percakapan masyarakatnya tentang berhala-berhala, serta apa pula yang dikatakan orang-orang Nasrani dan Yahudi tentang diri mereka itu. Baginda berfikir, merenungkan dan berdoa. Diriwayatkan dalam usia 40 Tahun Nabi Muhammad SAW didatangi Malaikat Jibril dan menerima wahyu pertama dari Allah yaitu Surat Al Alaq ayat 1-5 yang bunyinya:

Artinya: "Bacalah dengan nama Tuhanmu, yang menjadikan manusia dari segumpal darah. Bacalah dan Tuhanmu teramat Mulya, yang mengajarkan dengan pena (tulis, baca) mengajarkan manusia yang tidak diketahuinya. (AI-'Alaq : 1-5)

Sejak saat itu beliau menayatakan dirinya sebagai utusan Allah sebagaimana Nabi-nabi yang telah Allah utus sebelumnnya. Praktik dan amalan beliau diriwayatkan dalam hadis, dirujuk oleh umat islam sebagai hukum islam bersama Al Quran. Nabi Muhammad SAW bersama pengikut awal mendapati berbagai bentuk perlawanan dan penyiksaan dari beberapa suku Mekkah. Seiring penganiayaan yang terus berlanjut, Muhammad membenarkan beberapa pengikutnya hijrah ke Habsyah, sebelum Muhammad memulai misi hijrah ke Madinah pada tahun 622. Peristiwa hijrah menandai awal penanggalan Kalender Hijriah dalam Islam. Di Madinah, Muhammad menyatukan suku-suku di bawah Piagam Madinah. Setelah delapan tahun bertahan atas serangan suku-suku Mekkah, Muhammad mengumpulkan 10.000 Muslim untuk mengepung Mekkah. Serangan tidak mendapat perlawanan berarti dan Muhammad mengambil alih kota dengan sedikit pertumpahan darah. Ia menghancurkan berhala-hala. Pada tahun 632, beberapa bulan setelah kembali ke Madinah usai menjalani Haji Wada, Muhammad jatuh sakit dan wafat. Muhammad meninggalkan Semenanjung Arab yang telah bersatu dalam pemerintahan tunggal Islam dan sebagian besar telah menerima Islam.

Nabi Muhammad adalah pribadi yang baik, jujur berbudi pekerti yang begitu sempurna sebagai manusia, sehingga wafatnya beliau meninggalkan duka yang begitu dalam bagi umat muslim dunia, bahkan bumi langit dan seisinya ikut berduka.

demikian ulasan dari salah satu tokoh dunia yang paling berpengaruh, semoga bermanfaat. ^_^

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com